RobinHD

Learn , Share , and Enjoy it!

Rabu, 28 Juni 2017

Cara mendaftarkan domain pada blog

Cara mendaftarkan domain pada blog

Image result for internet things

Sebelum kita mendaftarkan domain kita pada blog kita harus mengenal dulu apa itu DNS?
DNS atau Domain Name System merupakan inti utama dari suatu web dimana sebagai alamat tempat web kita agar bisa di akses oleh publik. salah satu website penyedia DNS ternama seperti Godaddy, EasyDNS, dll. Namun DNS ini tidak ada yang gratisan untuk didaftarkan dengan DNS TLD atau Top Level Domain seperti ( .com , .co.id, .id , dll ). Nah namun bagi para blogger pemula yang ingin merubah DNS nya dari subdomain menjadi domain sendiri dapat registrasi langsung pada web penyedia DNS gratis seperti FREENOM. Namun yang perlu anda ingat bahwa domain yang kita daftarkan pada blog tidak bisa diakses dengan naked domain ( domain telanjang tanpa www ) contohnya seperti blog saya apabila diakses dengan hanya robinhd,ga maka web tidak akan muncul.

Terus bagaimana gan cara merubah subdomainnya menjadi domain aktif?
Ok gan langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

1.Pertama pastikan agan sudah mendaftarkan diri atau registrasi pada salah satu web penyedia DNS gratis seperti FREENOM.

2.Setelah itu agan check apakah nama domain yang akan anda daftarkan telah dipakai orang terlebih dahulu atau belum. kalau belum selamat domainnya dapat agan pakai dan langsung saja anda daftarkan terlebih dahulu

3.Nah pada tahap ketiga setelah domain agan daftarkan mari kita buat settingan agar domain yang agan daftarkan dapat dimuat pada alamat blog agan.

SIMAK GAN TUTORIAL PENTINGNYA
Berikut ini adalah tutorial penting agar domain yang agan daftarkan pada blog agan dapat diakses oleh orang lain.

  • Langkah awal kita manage domain kita terlebih dahulu dengan mengklik menu manage domain

  • Nah setelah itu kita atur pada menu manage freenom dns dan atur sesuai ketentuan yang diberikan oleh google dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Buka blog dan klik Dasar di bawah Setelan.
    2. Di bagian "Publikasi", klik +Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.
    3. Ketik URL domain yang Anda beli, ingatlah bahwa domain harus dimulai dengan www agar dapat berfungsi.
    4. Klik Simpan.
    5. Anda akan melihat kesalahan, dan dua CNAME tercantum di bawah ini. Setiap CNAME terdiri dari dua bagian - Nama, Label atau Host dan Tujuan, Target atau Mengarah ke. CNAME pertama sama untuk semua orang, Nama menjadi "www" dan Tujuan "ghs.google.com". CNAME kedua khusus untuk blog dan Akun Google Anda, dan karena itu berbeda untuk setiap orang.
    6. Kunjungi pendaftar domain situs web Anda dan cari setelan DNS (Domain Name System) di panel kontrol.
    7. Sekarang saatnya memasukkan CNAME. Di bagian Nama, Label atau Host cukup masukkan "www" dan cantumkan ghs.google.com sebagai Tujuan, Target, atau Mengarah ke.
    8. Sekarang masukkan CNAME kedua dengan cara sama.
    9. Opsional: Anda juga dapat memasukkan A-records, yang menautkan domain tanpa awalan www (contoh.com) ke situs yang sebenarnya (www.contoh.com). Jika Anda melewatkan langkah ini, pengunjung yang tidak mengetikkan "www" akan melihat halaman error.
    10. Kelanjutan opsional: Setelah menyelesaikan Langkah 8, masukkan nama domain Anda dalam format contoh.com, dan cantumkan alamat IP di bawah di bagian "A". Anda perlu membuat A-records terpisah yang mengarah ke empat IP Google berbeda.
      216.239.32.21
      216.239.34.21
      216.239.36.21
      216.239.38.21
      Akhir bagian opsional
    11. Sebelum melanjutkan ke langkah terakhir, tunggu sekitar satu jam agar setelan DNS Anda diaktifkan. Jika Anda mencoba langkah terakhir sebelum setelan diaktifkan, kami akan memberi tahu Anda melalui pesan peringatan.
    12. Setelah setelan diaktifkan, perlu dipastikan Blogger tahu tentang domain khusus Anda sehingga Google dapat mengarahkan pembaca ke blog tersebut. Cukup kembali ke Blogger dan update informasi pada tab Setelan | Dasar.
    13. Di bagian "Publikasi", klik +Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.
    14. Di bagian "Setelan domain pihak ketiga", masukkan URL domain khusus Anda di kotak teks yang disediakan.
    15. Klik Simpan.
    16. Selesai! Alamat blogspot.com Anda akan segera dialihkan ke domain khusus yang baru - bersabarlah, karena pengalihan ini mungkin akan memakan waktu hingga 24 jam agar bisa berfungsi. Jika Anda masih melihat pesan error setelah 24 jam, itu berarti setelan tidak dimasukkan dengan benar dan Anda harus mencoba proses untuk kedua kalinya.
  • Setelah setting tersebut sesuai maka bentuk settingan pada manage freenom dns akan terlihat seperti gambar berikut ini
  • Beberapa hal seperti CNAME dan lainnya pada gambar tersebut diberikan oleh pihak pengelola blognya atau google jadi jika agan dapat mengikuti tutorial yang diberikan pihak google dengan benar maka bentuk dari managemen situs agan akan mirip dengan bentuk settingan managemen blog saya seperti gambar diatas.
Silahkan komentar pada blog ini jika sekiranya masih belum mengerti mohon maaf apabila tutorial kurang lengkap karena settingan yang diberikan pihak pengelola akan selalu berbeda-beda menurut kode yang akan diberikan oleh mereka.

TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HashFlare